Rabu, 11 Januari 2023

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran “Giant Pop Up Book” Untuk Guru Lembaga PAUD Desa Langkap

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang diadakan oleh Universitas Trunojoyo Madura 2022/2023 yang berlangsung dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 19 Januari 2023 merupakan kegiatan yang bertujuan membentuk mahasiswa untuk terjun ke lapangan secara langsung guna mengimplementasikan makna yang sesungguhnya dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian kepada masyarakat. 

Salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan oleh kelompok KKNT 21 adalah memberikan pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran “Giant Pop Up Book” dengan mengangkat potensi lokal Desa Langkap. Sasaran dari pelatihan ini adalah guru Lembaga PAUD di Desa Langkap. Lembaga yang turut serta terlibat dalam pelatihan ini di antaranya PAUD Ar-Raudlah, PAUD Kanzul Ulum, dan PAUD Al-Bayaniyah. Proses pembuatan media ini, memanfaatkan barang bekas yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar.  

Tahap pelatihan pembuatan media


Adapun proses pelaksanaan program kerja ini dimulai dari tahapan Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi. Tahapan pertama adalah tahapan persiapan, di mana pada tahap ini tim pengabdian masyarakat mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk melakukan pelatihan. Tahap kedua, yaitu tahap pelatihan di mana tim pengabdian masyarakat melaksanakan pelatihan kepada pendidik PAUD sebagai program kerja selama melakukan pengabdian. Tahap terakhir, yaitu evaluasi di mana tim pengabdian masyarakat melihat hasil yang diperoleh setelah melakukan pelatihan. 

Tahap penerapan media pembelajaran

Respon yang didapat dari pelaksanaan program kerja pelatihan pembuatan media ini mendapatkan respon yang positif. Guru lembaga PAUD merasa terbantu karena adanya pelatihan pembuatan media pembelajaran ini dapat mengasah kreativitas dan menambah keterampilan yang dimiliki para guru PAUD. Selain itu juga, guru merasa terbantu dan senang karena dalam proses pembelajaran anak didik menjadi lebih antusias dalam menyimak materi yang disampaikan. 

Foto bersama guru 

Dengan dilaksanakannya program kerja ini, diharapkan dapat mengasah kreativitas dan meningkatkan keterampilan guru PAUD di Desa Langkap dalam pembuatan media pembelajaran. Selain itu juga diharapkan guru di Desa Langkap dapat mengemas proses pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan landasan Pendidikan Anak Usia Dini yakni belajar sambil bermain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar