Rabu, 11 Januari 2023

Penyuluhan dan Praktek Pembuatan Pupuk Cair Organik di SDN Langkap 2



Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura kelompok 21 melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik ( KKNT ) di Desa Langkap, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan (05/01/2023) 

Pada pelaksanaan kegiatan ini melakukan penyuluhan dan praktek pembuatan pupuk cair organik yang dilaksanakan di UPTD SDN Langkap 2. Kegiatan ini dilakukan oleh siswa siswi kelas 6 yang sangat antusias dalam mempraktekan cara pembuatan pupuk cair organik. Penyuluhan dan praktek pupuk cair organik ini berasal dari daun hijau dan daun kering yang menjadi bahan utamanya. Kemudian ada bahan pendukung lainnya seperti EM4, air cucian beras, dan tetes tebu supaya terbentuknya proses fermentasi. 


Adapun proses pembuatan pupuk cair organik ini diantaranya, mencampurkan air cucian beras 500ml dengan EM4  3 sendok dan tetes tebu 3 sendok, kemudian semuanya diaduk sampai rata, tahap selanjutnya yaitu memasukan daun kering/ daun hijau  beserta larutan cairan pupuk setengah jadi kedalam botol 500ml, setelah itu diamkan selama 7 hari, dengan membuka tutup botol setiap harinya

Diharapkan melalui penyuluhan dan praktek pembuatan pupuk cair organik ini dapat memberikan wawasan kepada siswa siswi kelas 6 dalam membuat dan mengenalkan bahan bahan alami supaya dapat dijadikan pupuk organik cair yang ramah lingkungan tanpa bahan kimia yang berlebihan. Seperti jargon yang kami buat "Hijaukan bumi bersama kami".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar