Kamis, 09 Agustus 2018

Kegiatan Belajar Mengajar


1.      Pendidikan Formal
Desa Langkap memiliki beberapa lembaga pendidikan dari tingkat SD, SMP, SMA hingga tingkat pendidikan tinggi. Tingkat pendidikan di desa ini cukup baik dengan dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Pada program kerja KKN 45 kali ini kami membantu mengajar di SDN Langkap 2, dengan mengisi materi di kelas V. Pelaksanaannya bertepatan saat guru wali ini  sedang mengambil cuti sehingga kelas tersebut kekurangan tenaga pengajar untuk kegiatan mengajar setiap harinya.


Teman-teman KKN 45 juga ikut serta membantu mengajar mata pelajaran olahraga dan menyiapkan siswa-siswi yang akan mewakili sekolah untuk mengikuti beberapa lomba seperti lomba membaca Pembukaan UUD 1945, lomba membaca puisi, lomba gerak jalan, lomba menyanyi dan lain sebagainya. Para siswa-siswi yang akan mengikuti lomba diberi motivasi dan pelatihan setiap harinya sesuai dengan jenis lomba yang diikuti, dengan harapan dapat meningkatkan prestasi siswa-siswi di sekitar daerah Langkap.
 
2.      Bimbingan Belajar
Bimbingan belajar merupakan salah satu program pendukung KKN 45, program ini diadakan untuk membantu para siswa-siswi Desa Langkap dari tingkat SD, SMP hingga SMA dalam bidang pendidikan. Bimbingan belajar ini rutin diadakan setelah isya’ sekitar pukul 19.00-21.00 di mushollah dekat posko KKN 45. Minat dan antusias anak-anak Desa Langkap sangat tinggi dalam belajar. Hal ini terbukti dari bertambahnya jumlah anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar setiap harinya.


Adanya bimbingan belajar dapat membantu anak-anak sekitar dalam menyelesaikan tugas sekolah maupun membantu memahami materi di sekolah yang kurang paham. Materi yang biasa dibahas berupa materi-materi pelajaran di sekolah masing-masing siswa, dengan mengikuti bimbingan para pelajar dapat lebih mudah dalam memahami pelajaran serta membantu mengajar mereka dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang mereka terima dari sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar