Jumat, 03 Januari 2020

Program Lansia Tangguh, Upaya BKKBN Bikin Lansia Produktif

Pembentukan dan penyuluhan Bina Keluarga Lansia (BKL)

Indonesia berusia 60 tahun keatas atau berada di Usia Lansia di perkirakan meningkat menjadi 80 juta, naik dari 23 sampai ke 24 persen. Dari hal tersebut membuat BKKBN terus berkerjakeras. Salah satu program kerja yaitu dengan meluncurkan program Bina Keluarga Lansia (BKL). Adapun tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup lansia. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain penyuluhan, kunjungan, rujukan, dan pencatatan serta pelaporan.

Lansia tangguh adalah upaya agar meskipun telah berusia di atas 60 sampai 70 tahun lansia tetap produktif. Misalnya, memperpanjang usia bekerja bagi lansia pensiunan di sektor formal, baik perusahaan maupun PNS, di atas 58 tahun dan 60 tahun.

Pemeriksaan kesehatan gratis oleh Puskesmas Burneh

Pemeriksaan kesehatan gratis

"Yang dibutuhkan dari mereka lebih banyak kebijaksanaannya atau otak, bukan otot. Juga mempertimbangkan risiko pekerjaan kasar. Para lansia itu diberikan berbagai pelatihan, sehingga masih bisa bekerja sampai 10 tahun berikutnya setelah pensiun.

Lansia 70 sampai 80 tahun diharapkan bisa mandiri. Artinya bisa mengurus dirinya sendiri. Baru di usia 80 tahun ke atas hampir sebagian besar membutuhkan pendampingan melalui pengembangan home care atau pengobatan di rumah.

Permainan  untuk lansia tangguh

Upaya tersebut perlu didukung dengan kemampuan kesehatan, dan fasilitas publik yang mendukung lansia bisa berkarya. Mulai dari jalan, jembatan penyeberangan, transportasi publik, dan lainnya. Penanggungjawab kegiatan, berharap para lansia lebih sehat, sehingga tidak merepotkan anggota keluarga, khususnya perempuan, untuk merawat mereka. Sebab, nanti diharapkan lebih banyak perempuan bekerja di sektor formal.

Penjelasan tentang permainan untuk lansia

Kegiatan Bina Keluarga Lansia memberikan para lansia menjadi aktif dan sehat bugar jasmani maupun rohani. Kegiatan yang tidak hanya membuat para lansia ikut andil dalam acara ini namun menjadikan lansia itu lah yang melaksanakan kegiatan ini hingga proses pembentukan terjadi. Adapun BKL KIT dimana ini merupakan alat perantara untuk mengetahui penyakit yang biasa dialami oleh para lansia dalam bentuk permainan adapun penjelasan didalamnya untuk mengatasi masalah tersebut.

Kelompok
Bina Keluarga Lansia (BKL) 
AT-TAUFIQ
Desa Langkap Kecamatan Burneh 
Kabupaten Bangkalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar