Jumat, 03 Januari 2020

Penerapan Tri-Dharma Perguruan Tinggi melalui Pendidikan Dasar

KKN 60 Mengajar di SDN Langkap 2

Bangsa yang hebat adalah bangsa yang melahirkan benih benih generasi penerus bangsa yang mencerdasakan kehidupan bangsa seperti di dalam pembukaan UUD 1945. Untuk membangun suatu bangsa, khususnya di negara Indonesia ini harus di laksanakan dalam berbagai bidang. Namun, aspek yang paling utama untuk dikedepankan dan salah satu upaya untuk di wujudkan dari hal tersebut yaitu pendidikan. Karena, kesejahteraan suatu negara terlihat dari pendidikannya. Dengan adanya pendidikan juga dapat menekan lingkaran kemiskinan, kualaitas hidup pun dapat di tingkatkan sehingga pemberdayaan sumber daya manusia dapat dimaksimalkan.

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk membentuk karakter bangsa. Namun, apa jadiya jika anak-anak bangsa tidak semuanya dapat merasakan pendidikan yang layak? Masih banyak anak-anak pelosok negeri ini belum merasakan pendidikan. Kurangnya tenaga pendidik serta sarana dan prasarana yang menunjang menjadi faktor utama untuk pendidikan. Seperti kita tahu bahwa ruhnya pendidikan terletak di pundak para pendidik atau biasa kita sebut guru.

Menerangkan materi pembelajaran

Bersadarkan permasalahan di atas untuk menerapkan tri dharma perguruan tinggi dalam penelitian dan pengabdian, mahasiswa KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura Kelompok 60 Desa Langkap Kecamatan Burneh, Bangkalan turut andil dalam pengajaran di sekolah dasar sesuai bidang yang telah di tekuni.

Adapun Proses pembelajaran yang telah di laksanakan dengan menggunakan inovasi baru. Proses pembelajaran berlangsung seperti pada umumnya ada pembuka, inti, dan penutup. Akan tetapi yang membuat inovasi baru yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis IT atau biasa disebut Pembelajaran Multimedia Interaktif.

Tanya jawab bersama siswa siswi SDN Langkap 2

Sekolah Dasar yang menjadi sasaran utama dalam pengabdian ini yaitu UPTD SDN Langkap 2 dengan mempunyai ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan Sekolah Dasar yang lain. Pembelajaran yang lebih bermakna dapat mencetak generasi penurus yang lebih unggul baik dari segi moral maupun etika yang dapat membentuk karakter kebangsaan.
Pembelajaran Multimedia Interaktif sangat banyak digemari di era saat ini. Dari hal itulah kami terapkan dilingkungan Sekolah dasar yang kami gunakan. Banyak komentar positif dengan adanya media ini.
Media Pembelajaran

Salah salah satu guru mengatakan dengan media yang telah digunakan dapat nemambah wawasan siswa untuk lebih maju sehingga apa yang ingin ia cita-citakan akan tercapai. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama kurang lebih 3 hari di mulai dari hari Jum’at sampai Senin. Adapun pembelajarannya sendiri meliputi kelas 1 sampai kelas 6 sesuai dengan tema yang akan di ajarkan dengan membagi kelompok kerja.

“Dari hal ini, kami bermaksud ingin mengembangkan apa yang kami miliki sehingga kami yakin dan mampu merubah menjadi yang lebih baik, semoga apa yang kita ajarkan meskipun sedikit dapat memberikan hal positif bagi siswa, guru, serta warga sekolah” ujar Yusvita selaku Penanggung Jawab Kegiatan.


KKN 60 Foto bersama dengan Guru SDN Langkap 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar