Sabtu, 27 Juli 2019

Belajar Mengajar




Belajar adalah tugas wajib seorang murid. Belajar bisa dilakukan dimana dan kapan pun. Salah satu program kerja KKN 45 UTM adalah mengajar. Tujuan program ini adalah untuk menambah pengetahuan adik-adik desa Langkap tentang kosa-kata maupun budaya bangsa luar. Kakak-kakak KKN mengajak adik-adik untuk mengisi liburan dengan bimbingan belajar les setiap hari senin-jumat di pagi hari. Saat sekolah sudah kembali aktif, mereka tetap belajar dengan kakak-kakak KKN dengan datang ke posko KKN 45 UTM saat malam hari.
            Siswa yang hadir terdiri dari kurang lebih 35 siswa MI. Raudlatul Athfal, SD Negeri Langkap 2, dan SDN Langkap 4, namun mayoritas adalah siswa MI. Raudlatul Athfal. Pengajar fokus pada les bahasa Inggris dan Jepang, namun kita juga membimbing adik-adik yang mengikuti olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) atas permintaan Kepala Sekolah MI. Raudlatul Athfal. Kelas terdiri dari dua kelas, yakni kelas bahasa dan kelas olimpiade. Untuk kelas bahasa, KKN 45 UTM membuat kelas selang-seling antara Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris (Jika Senin Bahasa Inggris, maka Selasa Bahasa Jepang, dst). Sedangkan kelas olimpiade dilakukan tiap hari tanpa adanya selang hari.

            Anak-anak di desa Langkap sangat antusias dengan adanya program ini. Hal ini terbukti dengan bertambahnya jumlah anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar setiap harinya. Terkadang, mereka mengunjungi posko KKN untuk belajar meskipun bukan waktu yang telah ditentukan. Berkumpul dengan kakak-kakak KKN untuk mengerjakan tugas sekolah merupakan salah satu alasan mereka sering mengunjungi kita. Belajar menjadi menyenangkan saat kita menikmatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar