Sabtu, 27 Juli 2019

Ecobrick: pemanfaatan sampah plastik menjadi kursi



       
     
              Ecobrick adalah pembuatan bata ramah lingkungan. Ecobrick biasanya digunakan sebagai pembatas tanaman, tetapi di program kerja ini hanya memfokuskan bagaimana membuat kursi dari sampah. Masyarakat desa langkap mempunyai tingkat kesadaran yang rendah terhadap sampah. Masyarakat desa langkap mencampurkan semua sampah didalam satu lobang yang ada di halaman rumahnya lalu setelah itu dibakar.  

          Program kerja ini mengutamakan tentang cara membuat ecobrick agar sampah pelastik tidak selalu dibakar karena dampak dari membakar sampah sangat berbahaya dan membuat penipisan lapisan ozon. Terbukti dengan adanya program ini ibu-ibu dan anak-anak sangat antusias bagaimana cara membuat kursi dari sampah.

            Kami mencari sampah disekitr posko yang kami tempati. Seperti jalanan, di lobang sampah tetangga, dan di sekitar sekolah MI Raudlatul Athfal. Lalu kami mmembersihkannya di sungai dekat sawah. Setelah itu kami memasukkan sampah yang sudah dibersihkan kedalam botol dengan tongkat bamboo.  Setelah terkumpul beberapa ecobrick, kita lem menggunakan lem kaca agar membentuk kursi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar