Selasa, 17 Desember 2019

Bimbingan belajar anak-anak Desa Langkap

Bimbingan Belajar Di Desa Langkap

Belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan keterampilan sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional maka diperlukan penyesuaian komponen yang ada dalam pendidikan salah satunya adalah komponen bimbingan dan konseling. Bimbingan merupakan bagian integral dari proses pendidikan dan memiliki kontribusi terhadap keberhasilan dalam proses pendidikan.

Mengajari anak-anak oleh Mahasiswa KKN 60

Kedudukan layanan bimbingan dan konseling disekolah dasar dalam sistem pendidikan di Indonesia sudah diatur secara khusus dalam permendikbud nomer 111 tahun 2014 pasal 10 ayat 1 yang berbunyi “penyelenggaraan bimbingan dan konseling pada SD atau MI atau yang sederajat dilakukan oleh konselor atau guru bimbingan dan konseling ”. program bimbingan yang dirumuskan bagi siswa yang bertujuan untuk membantu siswa dalam masalah pembelajaran sehingga meningkatkan motivasi belajar untuk meningkatkan prestasi di sekolah.

Evaluasi Pelajaran di Sekolah

Manfaat dari kegiatan ini yaitu siswa dapat mengingat kembali materi yang telah di peroleh pada semester sebelumnya, siswa lebih siap untuk menghadapi pelajaran pada semester selanjutnya serta sebagai bahan evaluasi hasil belajar yang telah di tempuh siswa dan mata pelajaran yang dirasakan sulit oleh siswa pada semester sebelumnya. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari kecuali hari kamis malam dan sabtu malam yang dimulai pada pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB dimana yang menjadi mentor dalam kegiatan ini yakni mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 60 Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Selain itu materi yang diberikan sesuai dengan bahan evaluasi dan mata pelajaran yang dirasakan sulit oleh siswa. Selain itu kegiatan ini tidak hanya berfokus pada materi akan tetapi ditunjang dengan bermain sesuai dengan materi yang diajarkan dan dipelajari oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar